Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay

Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay. Teluk Hijau oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan Teluk Ijo dimana "Ijo" merupakan bahasa yang diambil dari bahasa Jawa berarti "hijau". Wisata pantai Banyuwangi ini juga disebut Green Bay, dan merupakan objek wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi sama juga halnya dengan pantai Sukamade serta pantai Rajegwesi.

Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer serta diperlukan sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi kearah selatan. Tempat wisata pantai Banyuwangi ini dikelola oleh Seksi Pengelolaan Taman Nasional Meru Betiri Wilayah I Sarongan, Banyuwangi.

teluk hijau banyuwangi

Pesona pantai Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay

Teluk Hijau Banyuwangi dinamakan demikian dikarenakan air lautnya yang cenderung berwarna hijau. Hal ini disebabkan oleh karena perairan dangkal yang ditumbuhi dengan alga laut nan memantulkan warna hijau kepermukaan airnya.

Tak hanya itu, dengan pasir putih yang masih bersih, akan memanjakan sepanjang mata anda memandang merupakan perpaduan yang sangat sempurna antara pasir juga air laut. Sementara suara alunan debur ombak menambah suasana khas pantai yang begitu diidam-idamkan oleh para wisatawan.

Dibelakang kanan kiri dari pantai akan kita lihat sekumpulan batuan karang dan hutan tropis yang masih alami, dan sampai sekarang pun masih didiami oleh hewan-hewan liar seperti monyet dan juga macan tutul, maka pengunjung wajib untuk berhati-hati serta wajib lapor kepada pihak pengelola apabila berwisata ke tempat tersebut.

Sementara disisi timur dapat kita temukan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 8 meter dengan air tawar, konon menurut warga setempat air terjun tersebut adalah tempat mandi para bidadari, terlepas itu hanya mitos atau legenda rakyat yang beredar dari mulut kemulut air terjun tersebut merupakan salah satu ciri khas dan keunikan yang dimiliki Teluk Hijau | Green Bay. Pada saat hujan turun terkadang dapat kita lihat pelangi dari air terjun ini.

Pantai di kawasan Teluk Hijau | Green Bay termasuk dalam golongan perairan tenang, sehingga tidak cocok untuk anda yang mempunyai hobi surfing. Namun justru karena itulah pantai ini bisa dipakai untuk berenang dan bermain bersama keluarga atau teman-teman anda.

Di kawasan wisata Teluk Hijau | Green Bay ini sendiri juga terdapat bunga langka yang sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Bunga tersebut adalah bunga Raflesia. Bunga tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata pantai selatan di Banyuwangi ini.

Rute menuju Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay

Rute menuju Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Dari pelabuhan ketapang Banyuwangi kita bisa menelusuri jalan provinsi menuju ke arah selatan lewat Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, hingga sampai disimpang empat Desa Jajag, kemudian belok kiri. Lalu setelah sampai pada simpang empat, ambil arah serong kiri lewat Desa Sambirejo dan Desa Seneporejo ambil jalan lurus sampai di Pasar Kesilir lalu simpang Siliragung.

Sampai disimpang Siliragung ambil arah serong kiri lewati Kantor Camat Siliragung, Polsek Siliragung, setelah sampai pada simpang empat, belok kanan lewat Jembatan Kalibaru sampai disimpang empat Pasar Sanggar, atau mengambil arah lurus lewat Jembatan Siliragung-Sumbermulyo, Jalan Ahmad Kusnan lalu sampai disimpang empat Pasar Sanggar.

Jika dari simpang empat Siliragung mengambil arah lurus, tiba dipersimpangan Penyu dapat langsung belok kanan tanpa melewati Pasar Sanggar, melewati jalur ini akan bertemu di satu titik (Kantor Desa Sumbermulyo) dengan yang dari arah Pasar Sanggar.

Mulai kantor Desa Sumbermulyo belok kiri menuju Desa Sumberagung. Setelah itu pengendara tiba dipersimpangan Pancer, ambil arah lurus lewati jalur Gunung Gamping juga Perkebunan Sungailembu. Disini kondisi jalan masih baik hingga sampai pada makam Sungailembu dimana sebelumnya pengendara belok kiri di Persimpangan Pabrik.

Mulai pemakaman kita jalan lurus hingga sampai Persimpangan Kandangan. Dari sana, kita dapat mengambil arah kiri lewat pemukiman warga di Desa Kandangan serta jembatan kayu Kandangan-Sarongan atau mengambil arah lurus lewati Afdeling Sumberbopong Sungailembu dan Perkebunan Sumberjambe. Kedua jalur ini akan mengarah ke Terminal/Pasar Sarongan.

Kemudian sampai pasar tersebut kita menuju ke selatan lewat Gereja Pantekosta, Kantor Desa Sarongan, Dusun Besaran, Dusun Bayuran dan Dusun Rajegwesi dan tiba di pos pemeriksaan dan tiket. Sesampai pos tersebut kita dapat mengambil arah serong kiri (melewati Pantai Rajegwesi lalu belok kanan) atau mengambil arah lurus (lewati Perumahan Tsunami) hingga tiba dikawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan Teluk Damai.

Sesampainya disini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalur sepanjang 1 km di bukit kecil di tiba di Pantai Batu. Sesampainya di Pantai Batu, Teluk Hijau hanya berjarak sekitar 300 meter. Total perjalanan adalah sekitar 91 km.

Rute menuju Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay dari Jember

Dari Kota Jember, ambil arah menuju Banyuwangi melewati Kecamatan Pakusari, Mayang dan Silo hingga tiba dijalur Mrawan (Gumitir) hingga masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Perjalanan dilanjutkan melewati Kecamatan Kalibaru, Glenmore dan Genteng hingga tiba dipersimpangan Genteng Kulon. Belok kanan melewati Sun East Mall, Desa Yosomulyo dan tiba disimpang empat Desa Jajag lalu belok kanan. Dari sini perjalanan sama halnya seperti dari arah Kota Banyuwangi. Total perjalanan adalah sekitar 106 km.

Anda juga bisa mengakses rute perjalanan dari pantai Rajegwesi dengan menyewa perahu nelayan yang ada disana. Namun, siapkan juga pakaian ganti karena rute lewat jalur laut mengharuskan kita untuk melewati ombak nan lumayan besar dari pantai Rajegwesi.

Jika anda berminat untuk mengunjungi Teluk Hijau Banyuwangi silakan menghubungi kami dan kami akan siap mengantar anda, atau silakan anda baca postingan paket wisata Banyuwangi 3 hari 2 malam dengan custom package. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Teluk Hijau Banyuwangi | Green Bay