Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Masih dalam kawasan perlindungan Taman Nasional Meru Betiri sama halnya dengan pantai Sukamade Banyuwangi. Pantai ini juga merupakan gerbang utama menuju Taman Nasional Meru Betiri dari arah timur dimana terdapat banyak destinasi wisata cantik di Banyuwangi.

Pantai tersebut sempat terkena imbas bencana tsunami pada tahun 1994. Salah satu tempat wisata pantai terindah Banyuwangi ini menderita sangat parah kala itu. Tidak kurang dari 200 orang meninggal dunia kala itu. Namun pemerintah segera membangun kembali daerah pasca tsunami tersebut dibawah kepengawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi memiliki ombak relatif kecil, hal itu disebabkan dengan adanya batu-batu karang tinggi disepanjang pantai serta mampu menahan gelombang datang langsung dari laut. Menurut para peneliti bukit karang itu mengandung bijih besi. Hal ini yang menjadikan pantai ini bernama Rajegwesi. Rajeg berarti tiang panjang / pagar serta wesi adalah besi, nama berikut diambil dari bahasa jawa berarti pagar besi.

Penamaan Rajegwesi sendiri juga dikarenakan pada masa penjajahan Jepang, dimana pada waktu itu pemerintah Jepang membawa pekerja dari Yogjakarta untuk menancapkan ribuan tiang besi disepanjang teluk sebagai bagian dari sistem pertahanan lautnya. Sehingga kapal musuh tidak dengan mudah menyusup dari arah pantai. Dan setiap pekerja tersebut diberi kompensasi tanah didaerah tersebut sembari menjaga pantai. Maka tak heran banyak terdapat keturunan Jawa.

pantai rajegwesi banyuwangi

Pesona Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pemandangan di pantai Rajegwesi Banyuwangi sungguh menawan, dengan hamparan pasir bersih serta juga di sisi kanan terdapat tebing bebatuan mengandung besi. Serta deburan ombak ketika menghantam bebatuan sangatlah menawan. Tidak seperti pantai-pantai lainnya pasir dipantai ini berwarna kecoklatan. Warna tersebut terjadi akibat endapan lumpur berasal dari sungai pada saat terjadi banjir, namun tetap memiliki tekstur lembut layaknya pasir pantai.

Disamping sebagai pintu masuk utama Taman Nasional Meru Betiri, pantai ini juga merupakan penghubung antara kedua wisata pantai Banyuwangi lainnya yaitu, Pantai Sukamade Banyuwangi dan Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Disekelilingnya terdapat hutan tropis nan masih nampak hijau dan alami.

Seperti halnya dengan pantai Sukamade Banyuwangi, pantai Rajegwesi juga merupakan habitat dari penyu langka. Disini kita bisa melihat penyu langka bertelur, di antaranya penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik(Eretmochelys imbricata), penyu slengkrah (Lepidochelys olivacea), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Pada waktu-waktu tertentu tukik atau anak penyu yang sebelumnya telah ditangkarkan, dilepas di pantai ini untuk tumbuh dan berkembang.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi merupakan daerah perkampungan nelayan. Maka tak heran jika setiap pagi atau sore kita akan melihat aktivitas nelayan sedang melabuhkan perahu ataupun bersiap menuju laut untuk mencari ikan. Tidak hanya itu, pantai berpasir coklat ini juga akibat lumpur dari sungai yang terbawa ketika banjir ini serta dijadikan sebagai tempat pelelangan ikan. Dipinggir pantai kita akan banyak melihat perahu-perahu berjajar juga ditempat pelelangan terdapat banyak para pembeli ikan sibuk menawar ikan yang akan dibeli. Pemandangan tersebut sudah biasa setiap harinya.

Tak lupa bersyukur pada pencipta, pada setiap saat bulan Suro hari jumat legi dalam kalender Jawa, para pelaut bersama dengan masyarakat melakukan ritual adat petik laut dengan memberikan persembahan kepada laut berupa kepala kambing dan persembahan lain yang dimasukkan dalam satu perahu kecil dengan hiasan. Persembahan itu akan “diarak” ke laut lepas beramai ramai dengan menggunakan perahu nelayan.

Ada juga beberapa hal menarik ditempat wisata ini, pada saat hari raya Lebaran atau Idul Fitri, terdapat aktifitas masyarakat yaitu pembuatan gula Jawa, mulai dari pengambilan air kelapa sampai proses pembuatan gula. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari segi wisata agro.

Rute menuju Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Obyek wisata Rajegwesi dapat dijangkau melalui rute yaitu :
Jember / Banyuwangi - Jajag - Sarongan - Rajegwesi
Jalur tersebut dapat dilewati wisatawan dengan kendaraan roda empat
- Jember ke Jajag 84 km / 2 jam
- Banyuwangi ke Jajag 65 km / 1 jam
- Jajag ke Rajegwesi 40 km / 2 jam

Disepanjang jalan jangan berharap jalan yang mulus seperti halnya dikota-kota besar. Namun jika anda adalah taveller sejati, maka hal tersebut merupakan suatu petualangan seru, karena disamping itu anda akan disuguhkan suasana pedesaan, perkebunan dan pegunungan yang masih alami dan sejuk.

Setelah melewati wilayah perkebunan dengan pepohonannya, pemandangan sekitar berubah menjadi rumput ilalang, maka terhamparlah sebuah pantai yang eksotis mempesona. Inilah Pantai Rajekwesi.

Jika anda tertarik mengunjungi Pantai Rajegwesi Banyuwangi, silakan menghubungi kami atau lihat postingan paket wisata banyuwangi 3 hari 2 malam. Untuk harga dan pemesanan paket wisata banyuwangi lainnya anda dapat berkomunikasi langsung melalui kontak kami.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi