Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Taman Nasional Baluran Banyuwangi berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia yang juga memotong perbatasan Banyuwangi - Situbondo disebelah utara. Destinasi wisata di Banyuwangi Jawa Timur ini memiliki iklim relatif kering, sebagian besar terdiri dari 40% wilayahnya yang merupakan padang savana, serta hutan dataran rendah, hutan mangrove, bukit-bukit, dan pegunungan dengan gunung induknya yaitu Gunung Baluran dengan ketinggian 1,247 meter diatas permukaan laut sebagai puncak tertinggi.

Salah satu taman nasional di Banyuwangi tersebut terletak diujung utara-timur pulau Jawa, dari sini dekat dengan pulau Bali serta Madura. Taman ini mempunyai batas Selat Madura di utara, Selat Bali disebelah timur, Sungai Bajulmati (desa Wonorejo) ke barat dan sungai Klokoran (desa Sumberanyar) ke selatan. Tempat reservasi ini sendiri merupakan sebuah taman nasional dengan gunung berapi yang bernama gunung Baluran, dipusatnya.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Total luas wilayah terlindungi tersebut sekitar 25.000 ha, terdiri dari lima zona yaitu zona utama sekitar 12.000 ha, zona rimba / hutan belantara seluas 5537 ha, terdiri dari 1.063 ha terdiri dari air ha serta 4.574 ha sisanya adalah daratan, Zona pemanfaatan Intensif seluas 800 ha, Zona Pemanfaatan khusus 5780 ha dan terakhir adalah Zona Rehabilitasi seluas 783 ha.

Luas daerah Taman Wisata ini Berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997 kawasan TN Baluran ditetapkan memiliki luas sebesar 25.000 Ha sedangkan peruntukannya dibagi menjadi beberapa zona berdasarkan SK. Dirjen PKA No. 187/Kpts./DJ-V/1999 tanggal 13 Desember 1999.

Ekosistem Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Dalam ekosistem wilayah ini terdapat diantaranya 444 spesies tanaman telah tercatat, termasuk beberapa spesies tanaman langka, seperti:. Ziziphus rotundifolia, Tamarindus indica, Dioscorea hispida, kemiri juga Corypha utan.

Satu dari tiga taman nasional di Banyuwangi ini ini merupakan ekosistem serta rumah bagi 26 jenis mamalia, termasuk banteng yang sudah terancam punah, Banteng (Bos javanicus javanicus), Kerbau liar (Bubalus bubalis), Ajag (Cuon alpinus javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak muntjak), Rusa (Cervus timorensis russa), Macan tutul (Panthera pardus melas), Kancil (Tragulus javanicus pelandoc), Kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Sementara itu populasi banteng yang merupakan maskot dari taman nasional Baluran telah menurun dari 338 pada tahun 1996 menjadi hanya 26 pada tahun 2012.

Sedangkan spesies burung ditempat ini antara lain : Layang-layang api (Hirundo rustica), Tuwuk asia (Eudynamys scolopacea), Burung merak (Pavo muticus), Ayam hutan merah (Gallus gallus), Kangkareng (Anthracoceros convecus), Burung rangkong (Buceros rhinoceros), bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus). Sampai 2010 sudah ada 155 jenis burung yang tercatat di taman, tapi setelah lomba fotografi burung pada tahun 2012, jumlah spesies direvisi menjadi 196.

Daerah reservasi alam ini telah dilindungi sejak tahun 1928, pertama kali diprakarsai oleh pemburu Belanda A.H. Loedeboer. Pada tahun 1937 ditetapkannya Baluran sebagai Suaka Margasatwa dengan ketetapan GB. No. 9 tanggal 25 September 1937 Stbl. 1937 No. 544. Kemudian pada tahun 1980 bertepatan dengan hari "Strategi Pelestarian se-Dunia", Suaka Margasatwa Baluran oleh menteri Pertanian diumumkan sebagai Taman Nasional.

Perburuan merupakan ancaman besar bagi satwa liar di taman, terutama untuk populasi Banteng. Menurut ProFauna Indonesia, tidak hanya warga lokal yang melakukan perburuan, akan tetapi juga anggota militer telah terlibat dalam perburuan liar ini.

Pos Pengamatan Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Taman nasional ini dibagi menjadi beberapa pos pengamatan. Pos di Taman Nasional ini antara lain:

Batangan

Disini terdapat peninggalan sejarah berupa goa Jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi tarian burung merak pada musim kawin (antara bulan Oktober/November) dan berkemah. Fasilitas yang ada di sini antara lain pusat informasi serta bumi perkemahan.

Savana Bekol dan Semiang

Ditempat ini terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar, dan burung. Fasilitas yang ada disini antara lain wisma peneliti, wisma tamu, juga menara pandang.
Bama, Balanan, dan Bilik. Di sini merupakan lokasi wisata bahari, lokasi memancing, menyelam / snorkeling, dan atraksi perkelahian antar rusa jantan (pada bulan Juli/Agustus) serta atraksi kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.

Manting, dan Air Kacip

Disini terdapat sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, dan merupakan habitat macan tutul.

Popongan, Sejile, Sirontoh, Kalitopo

Ditempat tersebut terdapat fasilitas untuk naik sampan di laut yang tenang, melihat berbagai jenis ikan hias, dan lokasi pengamatan burung migran.

Curah Tangis

Di sini terdapat fasilitas untuk kegiatan panjat tebing dengan tinggi 10-30 meter, dengan kemiringan sampai 85%.
Adapun musim kunjungan terbaik adalah bulan Maret sampai dengan Agustus pada setiap tahunnya.

Rute ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Rute Taman Nasional Baluran dari Surabaya

Tempat wisata dengan nama lain Africa van Java ini terletak pada jalur pantura jawa timur menuju Bali. Dengan demikian kita dapat mencapainya dari Surabaya dengan menyusuri jalur pantai utara Jawa Timur ke arah timur, melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan setelah Banyuputih, menuju ke selatan. Sebelum Desa Wongsorejo belok kekiri menuju Visitor Center. Untuk perjalanan dari Surabaya anda dapat menempuh sekitar 6 jam perjalanan.

Rute Taman Nasional Baluran dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Sedangkan Rute dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi jarak ke tempat wisata Banyuwangi tersebut masih sekitar 27 km. Di pelabuhan Ketapang Banyuwangi banyak terdapat angkutan umum dengan jurusan Situbondo yang melewati hutan Baluran.

Jika anda berminat untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran Banyuwangi dengan private tour dari Surabaya atau Malang, kami siap mengantar, atau jika ingin mengkombinasikan dengan paket tour yang lain silakan klik informasi paket wisata banyuwangi 2 hari 1 malam, eksplore Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi