Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan salah satu dari tempat wisata Banyuwangi yang terletak di desa pesisir Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, arah barat daya dari kota Banyuwangi. Salah satu wisata pantai di Banyuwangi selatan ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai gunung di tengah pantai.

Pantai juga dikenal dengan nama Pulo Merah. Ciri khas dari pantai ini adalah dengan adanya bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak dibibir pantai. Tentu saja bukit ini dapat dikunjungi dan didaki dengan berjalan kaki namun hanya pada saat air laut sedang surut.

Satu lagi yang menarik adalah dengan adanya pura yang bernama pura "Pura Tawang Alun" di mana para umat agama Hindu melaksanakan upacara pemujaan yang bernama Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Pesona Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Ada begitu banyak keindahan di pantai Banyuwangi ini diantaranya adalah campuran kejernihan air seperti kristal dan dilengkapi pasir putih sepanjang 3 km yang menambah keindahan pulau. Disebelah timur pantai terlihat deretan pegunungan-pegunungan dikawasan Banyuwangi yang begitu menawan. Sementara sejumlah pohon kelapa dan pisang membuat pulau itu kelihatan subur. Sedangkan bagian selatan pulau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari saat terbenam.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Ketika air laut sedang surut, pengunjung dapat mengunjungi bukit kecil didekat pantai ini dengan berjalan kaki untuk menikmati pemandangan sekelilingnya. Pada saat itu terlihat tanah merah disela-sela pasang surut air laut. Ada juga yang mengatakan bahwa tempat wisata pantai ini disebut Pulau Merah karena tepian batu pantai tanahnya tampak berwarna merah. Padahal di awal, pantai ini disebut Pantai Ringin Pitu.

Pergeseran nama Pantai Ringin Pitu ke Pantai Pulau Merah terdapat dalam dua versi. Menurut versi pertama, karena warna tanah kemerahan dan pasir dari pulau setinggi 200 meter. Sedangkan versi kedua mengatakan, konon dari Merah Pulau yang ada di depan pantai dalam waktu sekitar 100 meter, pernah memancarkan lampu merah, sehingga orang di sekitar akhirnya mengganti nama menjadi "Pulau Merah".

Pertama kali tempat wisata pantai Banyuwangi ini diperkenalkan adalah pada tahun 2012 dimana pada saat yang sama Banyuwangi menggelar acara Banyuwangi Tour de Ijen. Hal tersebut dilakukan karena terpuruknya destinasi wisata ini akibat tersapu tsunami pada tahun 1990-an. Banyuwangi Tour de Ijen merupakan perlombaan balap sepeda dengan melintasi beberapa destinasi wisata Banyuwangi seperti gunung Ijen dan juga tentu saja pantai pulau Merah.

Di pantai ini daya ombak tergolong sedang, namun tidak cocok untuk berenang apalagi anak-anak, namun bagi para wisatawan yang menyukai surfing, tempat ini cocok untuk berselancar, tetapi melihat dari kontur ombak, tempat wisata pantai Banyuwangi ini bisa dipergunakan bagi anda peselancar pemula.

Menurut Jro Made, kelebihan Pulo Merah dibandingkan pantai lainnya di Banyuwangi antara lain pada ombaknya yang bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir, dan profesional dengan ketingian rata-rata dua meter. Berbeda dengan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya bisa dinikmati oleh peselancar profesional.
Selain itu, Pulo Merah juga lebih mudah diakses dengan kondisi jalan yang mulus serta dekat dengan pemukiman penduduk. Dasar pantai yang tidak memiliki banyak karang juga lebih aman untuk para peselancar. Dibandingkan ombak Pantai Kuta, ombak Pulo Merah lebih serius sehingga memungkinan para peselancar untuk melakukan manuver di dalamnya (Sumber - Wikipedia)

Rute Menuju Pulau Merah Banyuwangi

Adapun rute untuk menuju pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah dari Kota Banyuwangi anda dapat menuju arah selatan dengan lama saat perjalanan seputar 3 jam atau seputar 60 km dengan memakai kendaraan roda empat atau sepeda motor.

Bisa pula anda mengaksesnya rute Pulau Merah dari kota Jember dengan jarak 100 km. Dengan lewat jalan nasional Jember – Banyuwangi. Sesudah tiba di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal 15 km dari Genteng, kemudian Anda akan masuk kecamatan Gambiran. Dari sini, kemudian dilanjutkan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangatlah lengkap maka tibalah Anda di wisata pulau Merah.

Jika Anda tertarik untuk menikmati Pantai Pulau Merah Banyuwangi silakan anda menghubungi kami atau anda bisa melihat informasi paket wisata banyuwangi 3 hari 2 malam. Mengenai harga dan pemesanan paket wisata Banyuwangi lainnya silakan menghubungi kontak kami.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi